RT 03 JOHO MAJU LOMBA RT TINGKAT KABUPATEN

EDY UTAMA, S.IP 06 Juli 2015 11:33:05 WIB

ZERO TO HERO Membangun Kawasan Terkecil

Suatu kebanggaan bagi warga RT 03, Dusun Joho, Jambidan, Banguntapan yang mewakili dalam lomba RT tingkat Kabupaten Bantul. RT 03 yang merupakan wilayah dengan penduduk yang bermatapencaharian Buruh Harian Lepas, sekilas RT 03 terlihat biasa saja. Tetapi ada hal yang menjadi menarik dari RT 03 adalah semangat Gotong Royong atau dalam bahasa jawa "guyub".

Ketua RT 03 adalah Sumediono, sosok muda yang mempunyai semangat membangun wilayahnya dengan segenap kemampuan. Ketua RT yang sangat aktif ketika warganya mempunyai usulan ini awalnya ragu dengan kemampuannya, tetapi atas dorongan dari seluruh warga dan juga melihat semangat warganya membangun wilayah maka keberanian mengenalkan RT 03 di Tingkat Kabupaten adalah sebuah keharusan.

RT 03 mempunyai berbagai program yang diangkat dengan dibalut dengan tema : JATI DIRI WARGA RT 03 YANG "GUYUB", INOVASI DAN BERSIH, DASAR MEMBANGUN WILAYAH BERKUALITAS. Program RT yang sudah dan sedang berjalan diantaranya adalah;

  1. Pembangunan akses Wilayah baik jalan utama maupun Gang
  2. Penyelesaian masalah sampah dengan kelola Bank Sampah Warga
  3. Pembuatan Intalasasi Pembuangan Limbah Komunal bagi warga yang tidak mempunyai lahan luas
  4. Penguatan kapasitas kelompok PKK untuk ketahanan keluarga
  5. Membangun rasa aman warga di wilayah RT 03


Selain itu ada beberapa perencanaan yang akan dibangun oleh RY 03 diantaranya adalah

  1. Kelola Lingkungan melalui Kebun Warga
  2. Menjadikan kawasan "RT Net" atau program Kampung Cyber

Pada saat pengumuman lomba bahwa RT 03 Joho tidak mendapatkan juara, tetapi warga mempunyai rencana, dengan momentum lomba RT ini warga akan lebih semangat membangun kawasan dengan modal utama warga yaitu "Guyub" (MW)

Presentasi Lomba RT

Komentar atas RT 03 JOHO MAJU LOMBA RT TINGKAT KABUPATEN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License