Situs Watu Gilang di Desa Jambidan.

EDY UTAMA, S.IP 15 Oktober 2015 12:50:44 WIB

Salah Satu Situs Tersembunyi Desa

Banyak sekali situs situs sejarah yang terdapat didesa jambidan, salah satunya adalah watu gilang peninggalan dari kerajaan mataram. situs watu gilang ini terletak sisebelah timur desa jambidan lebih tepatnya di pedukuhan kretek kidul.


Watu Gilang adalah sebuah batu hitam berbentuk persegi terbuat dari jenis batuan sedimen berukuran 60x60 cm.Dalam bahasa jawa kuno watu gilang memiliki makna batu datar untuk duduk atau beristirahat. kadang diartikan pula tempat perhentian atau peristirahatan para musafir. batu gilang digunakan untuk duduk atau peristirahatan sehingga tak heran apabila pada suatu masa terdahulu batu tersebut memang digunakan untuk tempat peristirahatan atau pun musafir dalam perjalanan.konon disekitar situs watu gilang terdapat rute perjalanan prajurit mataram ungkap siyamto seorang penduduk sekitar situs. Dan salah satu salah satu penduduk bernama pak paijo watu gilang ini dulu digunakan untuk tempat mengawasi masyarakat membuat batu bata dan ketika musim panen.


Situs watu gilang saat ini tidak terawat sama sekali baik penduduk maupun pemerintah khususnya dinas kebudayaan dan dibiarkan tergeletak begitu saja di tengah persawahan. beberapa tahun yang lalu watu gilang sempat mau dipindahkan oleh penduduk sekitar tapi tidak bisa dikarenakan watu gilang tersebut betukuran besar.(Ari Purnomo)

Komentar atas Situs Watu Gilang di Desa Jambidan.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License