KWT Cinta Makmur Desa Jambidan juara 1 Lomba Olahan Pangan Lokal Kabupaten Bantul Tahun 2015

31 Juli 2016 05:32:10 WIB

Potensi pangan lokal di Kabupaten Bantul sangat banyak dan belum dimanfaatkan secara maksimal, semisal umbi-umbian seperti ubi, uwi, talas, garut dan sebagainya. Bahan pangan tersebut dapat diolah sebagai makanan kudapan yang cukup menarik. Kandungan gizinya dapat lebih tinggi dari beras maupun gandum. Pengembangan potensi bahan pangan lokal ini didukung oleh adanya Instruksi Bupati Bantul Nomor 3 tahun 2012 tentang Pemanfaatan bahan pangan lokal untuk jamuan pertemuan, rapat-rapat baik di Instansi/ Kantor Pemerintah maupun Non Pemerintah sampai ke Desa, RT, atau RW.

 


Lomba bertujuan antara lain menggali kemampuan Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam menciptakan olahan pangan dengan diversifikasi olahan (kreativitas) serta sebagai sosialisasi pemanfaatan bahan pangan lokal kepada semua lapisan. Seperti disampaikan oleh Kabid Ketahanan Pangan, Ir. RR. Sri Widada, MP., peserta lomba adalah KWT peserta kegiatan P2KP tahun 2013 dan KWT penerima Bansos P-IRT dengan ketentuan bahan yang dipakai berupa bahan pangan lokal (ubi kayu, ubi jalar, jagung, uwi, gembili, garut, sukun, pisang) dan disajikan dalam bentuk makanan basah serta kering.

 

 


Sementara itu, Kasie. Kewaspadaan Pangan, Ir. Suryanti, MMA. menyarankan pada peserta, untuk garnish (hiasan) dalam penyajian pangan agar dapat disesuaikan dengan hidangannya. Sedangkan pada hiasan meja dalam lomba, sebaiknya sebagai pelengkap bahan yang digunakan dalam pangan yang diolah agar tidak mencemari pangan itu sendiri.

 


Dari hasil penilaian dari segi bahan baku, cita rasa, kreativitas, penyajian serta keragaman bahan, tim juri yang beranggotakan Dinas Kesehatan Kab. Bantul, SMK I Sewon serta Tim Pembina PKK Kab. Bantul, mengumumkan bahwa Juara I diraih KWT Cinta Makmur, Jambidan, Kec. Banguntapan, Juara II dari KWT Mekar Sari, Gilnagharjo, Kec. Pandak, sedangkan Juara III diperoleh KWT Melati, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan. Hadiah berupa alat-alat pengolah pangan serta piagam diserahkan langsung oleh Kepala BKP3, Ir. Pulung Haryadi., MSc.

sumber : http://cybex.pertanian.go.id/gerbangdaerah/detail/11606/lomba-olahan-pangan-lokal-kabupaten-bantul-tahun-2015

Komentar atas KWT Cinta Makmur Desa Jambidan juara 1 Lomba Olahan Pangan Lokal Kabupaten Bantul Tahun 2015

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License