DISKUSI PERENCANAAN PEMBUATAN APLIKASI PUSKESOS JAMBIDAN

Susilahadi, ST 19 Juni 2022 00:10:11 WIB

Diskusi perencanaan pembuatan aplikasi penyusunan data kesejahteraan sosial masyarakat di Kalurahan Jambidan (Sabtu, 18/6/2022) 

Penanggulangan kemiskinan masih menjadi program prioritas Nasional melalui program dan sasaran kegiatan dan pendpingan anggaran. Penanggulangan kemiskinan juha tertuang dalam peraturan menteri desa, transmigrasi dan daerah tertinggal. Program terpadu penanggulangan kemiskinan bisa dibiayai dengan dana transfer dari pemerintah Pusat yang disebut dengan Dana Desa (DDS). Penggunaan dana sesa diatur dengan peraturan menteri desa, transmigrasi dan daerah tertinggal. Keberhasilan penanggulangan kemiskinan tidak lepas dari validasi data penerima, ketepatan dan kelayakan penerima manfaat/sasaran program dan kegiatan,  transparanasi anggaran guna menerima masukan dan saran agar kegiatan penanggulangan kemiskinan dapat berjalan secara efektif, efisien, akuntabel dan memenuhi aspek keadilan. Atas dasar dan alasan itu maka PUSKESOS "BANGKIT" Kalurahan Jambidan tergugah untuk menyusun data dan membuat aplikasi dengan tujuan untuk menunjang kinerja puskesos. 

Diskusi ini melahirkan konsep, gagasan, informasi, batasan dan indikator yang akan dituangkan dalam aplikasi yang akan dibuat. Aplikasi yang direnacanakan untuk mewadahi tersebut diberi nama JALATUNDA. JALATUNDA adalah kependekan dari Jala Data Untuk Berdaya. Aplikasi ini lahir atas gagasan Mart Widarto dan relawan penyelesaian masalah penanggulangan kemiskinan, masalah kesejahteraan sosial dan preventif terjadinya kebencanaan baik bersifat sosial maupun bencana alam. 

Sumber : Susilahadi (Sabtu, 18/6/2022) 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License