ANGKAT WALET (PART 1)

EDY UTAMA, S.IP 12 Oktober 2023 11:44:59 WIB

Apa itu angkat walet ? bagi penduduk yang tinggal di lingkungan pedesaan tidak asing lagi dengan Angkat Walet. Angkat Walet yaitu pengambilan endapan lumpur yang ada di saluran irigasi. Kegiatan ini dilakukan oleh para petani paling tidak dua kali dalam satu tahun, yaitu pada saaat akan memasuki musim penghujan dengan maksud untuk persiapan masa tanam padi rendengan (musim Hujan) dan pada ahir musim hujan karena rumput dan ebdapat ssalurah irigasi biasanya sudah penuh dan mengganggu kelancaran air.

Kegiatan angkat walet ini sudah direncanakan oleh Gabungan Kelompok Tani "mantep" Kalurahan Jambidan beberapa waktu yang lalu dan direalisasikan mulai hari ini di bulak Manggisan Padukuhan Joho. Kegiatan yang di Koordinatori oleh Kelompok Tani padukuhan Joho dengan di dampingi Dukuh Joho.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengerahkan sebanyak 20 orang per kelompok tani dengan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan Jambidan Tahun Anggaran 2023 dengan dianggarkan setiap orang mendapat upah sebesar Rp. 80.000,- lepas sekali kerja.

Kegiatan angkat walet di bulak Mangisan berjalan dengan lancar dengan di dampingi dukuh Joho Miarto, meskipun panas akan tetapi para petani tetap semangat bekerja.

Komentar atas ANGKAT WALET (PART 1)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License