BANK SAMPAH JOHO

EDY UTAMA, S.IP 23 Juni 2015 11:19:21 WIB

UPAYA KELOLA LINGKUNGAN SECARA BIJAK

Ada pemandangan baru di Dusun Joho dengan hadirnya inisiasi warga berupa kelola sampah dengan cara pemilahan. Dalam kelola sampah tingkat dusun ini dijalankan oleh Bank Sampah Joho. Menurut Sumediono, Ketua RT 03 sebelum adanya bank sampah ini, warga lebih senang membakar sampah atau membuangnya begitu saja tanpa memikirkan dampak penumpukan sampahnya.

" Bank sampah ini harapannya dapat menjadi media warga mengelola sampah, baik memilah dan memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari" lanjut sumediono.

Selain itu untuk menjaga keguyuban Dusun, Bank sampah ini akan dimanfaatkan untuk melayani warga satu Dusun, sehingga kelola sampah akan lebih luas pemanfaatnya.


Bank sampah Joho selama ini akan melayani penampungan sampah berupa plastik, kardus, besi, barang bekas dan juga kardus makanan. Tentunya sampah yang disetor oleh warga akan dicek dan dipilah kembali oleh tim Bank sampah yang sementara terdiri dari Empat orang.

Kedepan Bank sampah akan mencoba membuat Bahan Bakar Minyak dari sampah yang tidak dapat dimanfaatkan, tantangannya adalah minimnya dana operasional yang digunakan untuk menjalankan inovasi pengembangan bak sampah tersebut. Harapannya adalah bank sampah ini menjadi cara terkecil mengurai permasalahan sampah di Desa Jambidan (MW)

Komentar atas BANK SAMPAH JOHO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License