PROFIL DESA JAMBIDAN

28 Juli 2016 03:07:15 WIB

 

Kondisi Geografi

 

Desa jambidan termasuk dalam zona perbatasan wilayah  dataran rendah dengan wilayah Dataran Tinggi Kecamatan piyungan dimana lokasi tersebut sudah termasuk di daerah  batuan kapur. Sebalah timur Desa Jambidan dilalui oleh sungai opak yang menjadi batas desa jambidan dengan Desa Sitimulyo. Wilayah Desa Jambidan sangat cocok untuk lahan pertanian, perkebunan dan peternakan. Desa jambidan terletak kurang lebih 2 km kearah selatan Kecamatan Banguntapan Bantul.

 

Desa Jambidan memiliki luas 375,3095 Ha terdiri dari 7 pedukuhan dan 54 RT Secara Administratif batas-batas Desa Jambidan adalah sebagai berikut :

   Batas Utara     : Desa Potorono

   Batas Barat     : Desa Wirokerten

   Batas Timur     : Desa Sitimulyo

   Batas Selatan : Desa Pleret

 

Jumlah Kepala Keluarga Desa jambidan adalah 3.956KK. Desa Jambidan mempunyai mayoritas masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani peternak dan buruh, Taraf ekonomi rata-rata masyarakat Desa Jambidan adalah menengah kebawah.

            Pembagian wilayah administratif Desa Jambidan Tahun 2014 disajikan sebagai berikut :

NO

PEDUKUHAN

BANYAKNYA RT

1.

Ponegaran

9

2.

Bintaran

9

3.

Joho

9

4.

Dhuku

6

5.

Kretek

9

6.

Pamotan

5

7.

Combongan

7

JUMLAH

54

 

Gambaran Umum Demografis

Jumlah penduduk Desa Jambidan tahun 2015 tercatat sebanyak 10.444 jiwa. Penduduk laki-laki berjumlah 5.251 jiwa, perempuan 5.193 jiwa. Sedangkan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 3.956. Kepala Keluarga laki - laki 3.385 dan Kepala Kekurga perempuan 571.

Jumlah penduduk  Desa Jambidan secara umum mengalami perkembangan, dari tahun ke tahun. Jumlah dan perkembangan penduduk pada kawasan perencanaan dapat berpengaruh terhadap perencanaan tata bangunan dan lingkungan, karena dengan perkembangan penduduk  dapat berpengaruh terhadap perkembangan pembangunan atau perkembangan area terbangun akan bertambah pada kawasan perencanaan dan juga untuk kebutuhan sarana dan prasarana juga akan bertambah.

Kondisi Alam dan Potensi Fisik

            Secara umum kondisi alam Desa Jambidan cukup bagus. Desa Jambidan memiliki tanah yang sangat subur karena dekat dengan sungai opak yang selalu mengalir, sehingga masyarakat di Desa Jambidan tidak  mengalami kekurangan air pada musim kering. Tanaman pertanian pada umumnya adalah padi, dan perkebunan cenderung banyak warga menanam buah, pisang, tebu dan kacang.. Selain itu, warga Desa Jambidan S banyak yang memelihara ternak seperti Sapi, Ayam dan Kambing serta perikanan.

Kondisi Sosial Budaya

Pada umumnya masyarakat Desa Jambidan bermata pencaharian sebagai petani beternak dan buruh. Organisasi kemasyarakatan di Desa jambidan cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya organisasi yang terbentuk seperti PKK, POSYANDU, Karang Taruna, LPMD dan Takmir masjid, Perkumpulan Pemuda, dll.

Potensi Masyarakat

Masyarakat Desa Jambidan pada umumnya memiliki tingkat kehidupan yang sudah baik dibandingkan dengan desa yang lainnya di Kecamatan Banguntapan. Pendidikan masyarakatnya juga cukup bagus, karena rata-rata penduduknya pernah merasakan pendidikan sekolah.

Kehidupan Beragama

Masyarakat Desa Jambidan mayoritas menganut Agama Islam dan beberapa menganut agama lain. Di tiap pedukuhan di Desa Jambidan  ini terdapat TPA yang lumayan rutin dilaksanakan.

 Kondisi Ekonomi

a.     Potensi Unggulan Desa

        1) Potensi Pertanian

        2) Potensi Industri

3) Potensi Wisata

4) Potensi Investasi

5) Potensi Tenaga Kerja

6) Potensi Budaya

7) Sumber Tenaga Surya

8) Potensi Tambang Galian C

b.     Struktur Perekonomian Desa

1. Pertanian

2. Pertambangan

c.     Lembaga –lembaga Perekonomian Desa

        1. Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)

        2. Simpan Pinjam Perempuan (SPP)

        3. Pemberdayaan Masyarakat

        4. Koperasi

        5. Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UEDSP)

        6.  UPFMA

d.    Sarana dan Prasarana Perekonomian Desa

1. Kios Desa                            : 86

2. Warung                               :57

3. Warung Kelontong                : 8

4. Konveksi                             : 1

5. Bis Beton / Con Blok             : 3

 

 

 

 

 

 

Komentar atas PROFIL DESA JAMBIDAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License