Manfaat Beras Kencur

Super User Kominfo 29 April 2019 10:33:51 WIB

DokterSehat.Com – Apakah Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi jamu khususnya jamu beras kencur? Jika iya maka kegemaran Anda itu adalah hal yang baik karena terdapat beberapa manfaat beras kencur bagi tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat beras kencur untuk tubuh?

Yuk, simak terus informasi di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang jamu beras kencur dan beberapa manfaat beras kencur.

Jamu beras kencur

Selain jus buah, minuman jamu merupakan minuman yang sehat bagi tubuh. Salah satu jenis jamu yang paling banyak digemari adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur memiliki rasa yang enak dan bisa diminum anak-anak juga karena rasanya tidak sekuat jamu kunyit asam atau pedas seperti wedang jahe.

Jamu beras kencur merupakan racikan jamu yang terdiri dari kencur, beras, asam jawa, dan gula kelapa. Kencur merupakan bahan utama yang membawa banyak manfaat pada ramuan jamu beras kencur.

Manfaat beras kencur

Manfaat beras kencur tidak terlepas dari manfaat kencur yang merupakan kompenen utama. Kencur (Kaempferia galanga L.) yang merupakan salah satu jenis tanaman temu-temuan dari famili Zingiberaceae ini kaya akan kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid.

Inilah mengapa selain dijadikan bumbu masakan, kencur juga sering dijadikan obat tradisional dalam bentuk minuman jamu beras kencur. Di samping itu, manfaat beras juga bisa menambah manfaat beras kencur terutama bila beras yang digunakan adalah beras cokelat atau beras merah yang kaya nutrisi.

Ingin tahu apa saja manfaat beras kencur, yuk simak beberapa manfaatnya di bawah ini:

1. Sebagai tonikum

Manfaat beras kencur bisa sebagai tonikum baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Apa itu tonikum? Tonikum adalah minuman yang mengandung banyak vitamin dan mineral dan memiliki efek positif pada tubuh. Minuman jamu beras kencur termasuk ke dalam tonikum karena memiliki efek tonikum.

Efek tonikum yang terdapat di dalam minuman beras kencur di antaranya adalah meningkatkan aktivitas dan daya konsentrasi. Selain itu, efek tonikum pada beras kencur adalah untuk menghilangkan rasa lelah dan penat.

2. Meningkatkan nafsu makan

Apakah Anda atau anak Anda sulit mengalami peningkatan berat badan karena rendahnya nafsu makan? Anda bisa mengonsumsi jamu beras kencur atau memberikannya kepada anak Anda untuk mengatasi masalah berat badan ini.

Kebanyakan masyarakat telah mengetahui jika manfaat beras kencur bisa meningkatkan nafsu makan. Kandungan di dalam beras kencur dapat membuat anak menjadi lahap sehingga berdampak pada peningkatan berat badannya.

3. Mengobati infeksi

Apabila Anda sedang sakit karena penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri maka Anda bisa mengonsumsi beras kencur. Hal ini dikarenakan manfaat beras kencur bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri. Jamu beras kencur mengandung zat-zat yang bersifat antibakteri.

4. Meredakan peradangan

Selain bersifat antibakteri, beras kencur juga memiliki sifat antiinflamasi. Oleh sebab itu, pengonsumsian beras kencur dapat meredakan peradangan. Ada senyawa di dalam jamu beras kencur yang mampu mencegah lepasnya zat yang dapat merangsang radang.

Jadi, apabila Anda mengalami peradangan maka Anda bisa menggunakan beras kencur. Anda bisa mengonsumsi beras kencur dalam bentuk jamu atau minuman lain dan juga bisa menggunakannya untuk pemakaian luar dengan mengolesi beras kencur pada bagian yang nyeri.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pengonsumsian beras kencur secara rutin dapat membantu Anda untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Manfaat beras kencur yang satu ini ada karena beras kencur mengandung antioksidan.

Kandungan antioksidan di dalam beras kencur dapat menghalau berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi pada beras kencur juga membuat tubuh mampu melawan penyakit infeksi dan radang.

6. Mencegah penyakit kanker

Memang ada berbagai bahan dari alam yang bisa mencegah penyakit kanker. Salah satunya adalah beras kencur. Manfaat beras kencur memiliki sifat anti kanker karena mengandung etil p-metoksisinamat.

Kandungan etil p-metoksisinamat di dalam beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

7. Memberikan sensasi ketenangan

Jika Anda sering merasa gelisah atau khawatir maka pengonsumsian beras kencur dapat membantu meredakan dan menghilangkan perasaan tersebut. Berbagai perasaan tidak tenang di dalam diri dapat di atasi dengan beras kencur karena manfaat beras kencur dapat memberikan sensasi rasa tenang.

Rasa tenang yang didapat dari minuman beras kencur ini dikarenakan adanya suatu kandungan. Kandungan tersebut adalah kandungan etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate. Kedua kandungan tersebut dapat menenangkan perasaan Anda sehingga lebih rileks.

8. Mengobati kencing batu

Tahukah Anda bahwa manfaat beras kencur dapat mengobati penyakit kencing batu? Beras kencur memang bisa menyembuhkan penyakit kencing batu karena ada senyawa yang bisa menghancurkan endapan zat-zat di dalam saluran kemih atau disebut juga batu ginjal.

Anda bisa meracik ramuan beras kencur dengan mengambil dua rimpang kencur. Selanjutnya parutlah kencur tersebut. Setelah itu haluskan beras (sebaiknya beras merah atau beras cokelat) lalu campur parutan kencur dan beras halus dengan segelas air hangat. Anda bisa tambahkan gula aren bubuk agar lebih nikmat.

9. Mengatasi masuk angin dan flu

Konsumsi beras kencur bisa menjadi alternatif dari terapi bekam untuk mengeluarkan udara dari dalam tubuh. Anda bisa membuat jamur beras kencur hangat yang dapat membantu mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa meracik kencur menjadi inhaler. Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa rimpang kencur dan beberapa lembar daun kemukus. Setelah itu, tambahkan sedikit air hangat. Anda bisa mengoleskan campuran tersebut di sekitar hidung agar flu menjadi reda.

10. Mengobati batuk

Manfaat beras kencur juga bisa mengobati batuk sebagai salah satu gejala flu. Ini dikarenakan kencur memiliki manfaat untuk mengencerkan dahak sehingga tenggorokan menjadi lega dan rasa gatal di tenggorokan juga hilang. Batuk pun hilang dan kondisi tenggorokan kembali pulih.

11. Bisakah melangsingkan tubuh?

Mungkin Anda heran dan bingung jika sebelumnya telah disebutkan bahwa manfaat beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan lalu bagaimana mungkin beras kencur bisa melangsingkan tubuh.

Anda perlu tahu bahwa beras kencur juga dapat meningkatkan stamina Anda sehingga tidak mudah lelah dan lapar. Kencur di dalam racikan jamur beras kencur memang dapat menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh.

12. Menyembuhkan diare

Selain batuk dan flu, manfaat beras kencur juga dapat menyembuhkan penyakit diare. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalam kencur dapat memperbaiki kondisi pencernaan yang sedang terganggu.

Anda bisa menggunakan kencur dan bawang putih untuk pemakaian luar. Caranya adalah haluskan dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah lalu bungkus dengan daun pisang. Setelah itu, letakkan campuran tersebut di atas api  sebentar saja agar hangat kemudian balurkan di atas perut.

13. Meningkatkan vitalitas pria

Satu lagi manfaat beras kencur yang jarang diketahui adalah dapat meningkatkan vitalitas pria. Para pria bisa memiliki vitalitas yang lebih baik dengan mengonsumsi beras kencur. Sebaiknya minuman beras kencur juga ditambah dengan madu agar mendapatkan hasil optimal.

 

Sumber:

  1. Yusuf CK Arianto. 2018. 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Venom Publisher
  2. Dr. H. Bambang Triono, MM., Rina Noviani, SE, MM., Muhammad Rois. 2015. Kaya dari Rumah: Panduan Mengembangkan Bisnis dari Rumah (Industri Rumahan). Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif
  3. Scribd: Amoy Ke-cil. Tonikum. https://www.scribd.com/doc/94757853/Tonikum. Diakses pada 15 November 2018.
  4. https://doktersehat.com/manfaat-beras-kencur/

Komentar atas Manfaat Beras Kencur

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License