Hesti Mahasiwi dari Desa Jambidan Pembuat Masker dari Kulit Buah Semangka

13 Oktober 2015 13:29:28 WIB

Penggunakan masker dari buah merupakan salah satu cara mengembalikan kesegaran wajah. Manfaat masker wajah selain melembutkan kulit, juga membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran, debu, maupun sisa kosmetik yang tidak bisa hilang karena pembersih biasa.
Selain itu masker juga dapat mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit serta menggantikan sel-sel kulit yang sudah mati serta dapat menjadikan otot-otot wajah menjadi rileks.
Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Kimia FMIPA UNY, yaitu Laila Dhunurain Rochmatika, Hesty Kusumastuti, Galih Dian Setyaningrum, dan Niken Istikhari Muslihah, menganalisis kadar antioksidan pada masker wajah berbahan dasar lapisan putih kulit semangka (Citrullus vulgaris Schrad).
Laila mengatakan, pada umumnya buah semangka hanya dikonsumsi pada bagian daging yang berwarna mencolok saja (misalnya merah, merah muda, dan kuning). Sedangkan pada bagian lapisan putih kurang diminati masyarakat untuk dikonsumsi dan hanya dibuang menjadi limbah yang kurang dimanfaatkan.
“Pemanfaatan lapisan putih buah semangka saat ini tergolong masih kurang maksimal. Lapisan putih buah semangka ini sebenarnya banyak mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan, salah satunya zat yaitu sitrulin. Sitrulin merupakan salah satu zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit,” lanjut Laila.

Hesty, anggota tim mengatakan, pemilihan semangka dalam penelitian ini dikarenakan semangka merupakan buah yang dikenal luas oleh masyarakat, mudah dijumpai di berbagai daerah, serta harga semangka yang relatif murah.

Komentar atas Hesti Mahasiwi dari Desa Jambidan Pembuat Masker dari Kulit Buah Semangka

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License